SELAMAT DATANG~~~SUGENG RAWUH~~~WILUJENG SUMPING~~~RAHAJENG RAWUH

Sabtu, 01 Desember 2012

BERSEPEDA DI ALUN-ALUN KIDUL JOGJA

Alun-alun selatan atau yang biasa dikenal dengan Alun-Alun Kidul (Alkid) ini letaknya berada disebelah selatan Keraton Jogjakarta. Ketika siang hari memang alun-alun ini relatif lebih sepi dan pada sore harinya biasa digunakan oleh anak-anak kecil untuk bermain bola. Jika ingin menghabiskan waktu di malam hari tidak ada salahnya untuk menyambangi alun-alun ini.

Keramaian Alun-Alun Kidul di malam hari
Ketika malam alun-alun kidul akan lebih ramai. Banyak ditemui lesehan dari para penjaja makanan dan minuman. Disini akan ditemui banyak penjual minuman ronde. Ronde adalah minum hangat yang terdiri dari air jahe yang diisi oleh kacang, potongan roti tawar, kolang kaling dan bulatan ronde. Ronde sendiri terbuat dari tepung beras yang didalamnya berisi lelehan gula jawa dan potongan kacang tanah.

Selain ronde disini pun dijual minuman bajigur. Bagi yang berasal dari Sunda jangan heran walaupun namanya sama tetapi bajigur disini disajikan berbeda. Bajigur di Jawa Barat adalah minuman yang terbuat dari santan kelapa yang diberi gula merah dan biasanya ditemani dengan kue pais, nagasari, rebusan pisang, ubi, atau jagung. Di Jogja wedang bajigur terbuat dari santan kelapa yang diberi tambahan jahe, bubuk kopi, dan sirup gula jawa. Biasanya akan ditambahkan potongan roti tawar dan kolang kaling. Pisang dan jagung bakar pun banyak dijajakan di Alkid. Bahkan bagi yang ingin makanan berat pun ada seperti ayam bakar, ikan bakar, tempe penyet dan lainnya.

Yang terkenal dari Alkid ini adalah berdirinya dua buah pohon beringin kembar yang berada ditengah alun-alun. Banyak orang yang mencoba permainan Masangin. Permainnya memang sederhana tetapi tidak semudah yang dibayangkan. Kita hanya tinggal berjalan melewati kedua pohon tersebut. Tidak sekedar berjalan tetapi tantangannya adalah berjalan dengan mata tertutup dari ujung alun-alun. Tidak semua orang berhasil melewati kedua pohon itu. Banyak yang berjalan miring dan tidak sedikit yang malah kembali berbalik ke tempat semula. Menurut cerita orang yang berhasil melewati kedua pohon itu memiliki jiwa yang bersih. Disana juga banyak yang menyewakan penutup mata dengan harga sewa 3.000 IDR.

Alun-Alun Kidul di sore hari
Terdapat cerita yang berkembang di masyarakat mengenai mitos kedua pohon beringin tersebut. Salah satunya ketika dahulu pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dilakukan sayembara bagi para kesatria yang ingin meminang putrinya. Saat itu syaratnya siapa yang berhasil melewati kedua pohon itu dengan mata tertutup akan dipersilahkan untuk meminang putrinya. Ketika itu yang berhasil adalah pangeran dari kerajaan Pajajaran putra dari Raja Siliwangi. Raja menggap bahwa pangeran dari tanah Sunda itu memiliki hati yang bersih sehingga mampu melewati kedua pohon tersebut.

Versi lainnya ada yang mengatakan bahwa ditanamnya kedua pohon itu digunakan sebagai pengecoh bagi tentara asing yang ingin menyerang keraton. Tentunya masih banyak versi lainnya mengenai alun-alun kidul ini.

Kemeriahan alun alun ini juga dilengkapi dengan banyaknya penyewaan sepeda hias. Berbagai macam bentuk sepeda ada disini, mulai dari yang roda dua, roda tiga, sampai empat pun ada. Yang membuatnya menarik adalah sepeda yang banyak dihiasi oleh lampu dan ornamen-ornamen lucu diatasnya, seperti hiasan lampu berbentuk gajah, doraemon, bebek dan masih banyak lainnya. Tidak sedikit sepeda yang dilengkapi dengan dvd player. Jadi sambil bersepeda kita juga dapat berkaroke ria bersama. Harga sewanya bemacam-macam tergantung dari jenis sepeda serta fasilitas yang ada didalamnya dan tentunya banyak putaran yang akan dilalui. Waktu itu saya dan kedua teman saya dikenai 30.000 IDR untuk sepeda dengan kapasitas 4 orang, fasilitas dvd pleyer, dan putaran 5 kali bonus 1 kali jadi total 6 putaran. Lumayakan untuk mengencangkan betis. Ketika akan menyewa sepeda jangan langsung setuju dengan harganya tawar saja dahulu siapa tahu kan bisa dapat harga yang lebih murah. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar